Sebaran Kiwi di New Zealand

Kiwi Merupakan burung endemik New Zealand. kiwi spreadKelima spesies kiwi yang ada tersebar di seluruh New Zealand. Perburuan manusia dan hewan predator mengakibatkan menyusutnya jumlah populasi Kiwi secara keseluruhan. Dalam beberapa persebaran spesies Kiwi di New Zealand terdapat campur tangan manusia. Seperti yang terjadi pada spesies Little Spotted Kiwi dan Okarito Brown Kiwi yang terancam punah. Spesies tersebut dipindahkan ke pulau-pulau kecil di sekitar New Zealand atau diisolasi (ditangkarkan dan predator alami disingkirkan). Kiwi tidak dapat berpindah jauh dari teritori yang telah dikuasai, dikarenakan keterbatasan kiwi untuk berpindah tempat layaknya burung pada umumnya yang pada akhirnya menjadikan pegunungan, sungai dan lautan, daratan yang sulit termasuk gletser sebagai penghalang alami.

Berikut akan dijabarkan persebaran / distribusi tiap spesies Kiwi di New Zealand:

1.      Great Spotted Kiwi (Apteryx haastii)

great spottedSesuai dengan namanya Great spotted Kiwi (Apteryx haastii), kiwi jenis ini merupakan kiwi terbesar diantara spesies kiwi lainnya. Kiwi ini memiliki tinggi 45 cm dan berat hingga 3.3 kg (berat Jantan berkisar 2.4 kg). Kondisi pegunungan yang berat, menempa kiwi untuk berevolusi agar bertahan hidup. Lingkungan yang sulit menjadikan hidup sebuah perjuangan, sehingga predator alami seperti babi, anjing, dan cerpelai akan lebih sulit memangsa kiwi tersebut.Brown Kiwi spread

Populasi Great spotted kiwi tampaknya menurun secara perlahan, sekitar 2 % pertahun. Pada Tahun 1998 diduga jumlah populasi kiwi tersebut sekitar 22.000 ekor, sekarang hanya tinggal 17.000 ekor.

Great Spotted Kiwi hidup secara alami di tiga area yang berbeda,antara lain:

a.       Timur laut Nelson hingga Sungai Buller.

Populasi tertinggi kiwi terdapat didaerah ini, seperti Gouland Downs di Taman Nasional Kahurangi, Gunner Downs, dan di Timur Laut Westport.

b.      Northern West Coast

Diareal ini, sejumlah kiwi dapat ditemui di Paparoa Range dan di dataran rendah sekitar Charleston.

c.      The Southern Alps antara Arthur’s Pass dengan Lake Sumner

Diareal ini, Great Spotted Kiwi dalam jumlah yang sedang terdapat di sekitar Sungai Taramakau dan sebelah timur Arthurs Pass hingga ke cabang sebelah Utara Sungai Hurunui.

Kiwi jenis ini hidup di hutan pegunungan dengan ketinggian 1.500 m DPL, tetapi paling banyak di ketinggian 700 – 1.1000 m. habitat yang disukai bermacam-macam dari hutan, semak-semak hingga padang rumput.

2.      Little Spotted Kiwi (Apteryx owenii)

little spottedJenis Kiwi ini merupakan spesies terkecil dan terlangka diantara jenis Kiwi lainnya. Dikarenakan tubuhnya yang kecil, maka kiwi ini sangat rentan dengan serangan predator. Kepunahan jenis ini dapat dicegah dengan adanya penangkaran dan menyingkirkan predator di pulau-pulau kecil New Zealand.

Saat ini sebagian besar Little Spotted Kiwi tinggal di Cagar Alam Pulau Kapiti, disebelah Barat Daya Pulau Utara New Zealand. Kiwi dipindahkan ke pulau-pulau kecil yang tidak ada predator untuk menyelamatkannya dari kepunahan serta menambah jumlah populasi.Little Spotted kiwi spread

Lima buah populasi diluar Pulau Kapiti diperkirakan memiliki jumlah masing-masing sekitar 50 ekor, sebagai contoh di pulau Red Mercury telah terjadi peningkatan sekitar 70 ekor sejak tahun 1998.

3.     Okarito Brown Kiwi / Rowi ( Apteryx rowi)

rowiDengan jumlah sekitar 250 ekor pada tahun 2003, pemerintah new Zealand menetapkan spesies ini sebagai “spesies nyaris punah” dan perlu mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah.

Menyingkirkan predator alami telah dilakukan oleh pemerintah untuk mempertahankan jumlah populasi Rowi, akan tetapi cara tersebut tampaknya kurang berhasil. Untuk mengatasi permasalahaan tersebut telah dilakukan upaya penetasan telur (penangkaran) dan usaha ini cukup berhasil membalikkan keadaan.

4.      Brown Kiwi (Apteryx mantelli)

brown kiwiTampaknya Brown Kiwi memilih tinggal di dataran rendah dan hutan pantai dimana populasi mereka paling banyak di kawasan ini. Perubahan besar yang terjadi di New Zealand terutama pada hutan memaksa kiwi untuk beradaptasi. Saat ini mereka tinggal di berbagai jenis vegetasi, termasuk hutan dan lahan pertanian.Brown Kiwi spread

Persebaran kiwi ini paling banyak terdapat di Pulau Utara (North Island) New zealand. Terdistribusi di Semenanjung Coromandel, Teluk Plenty, Gisborne hingga sebelah utara Ruahine Range, dan Tongariro hingga Taranaki. Pada tahun 1996, total populasi diperkirakan berjumlah 35.000 ekor.

5.      Tokoeka (Apteryx australis)

tokoekaKiwi jenis ini hanya dapat ditemui di Fiorland dan Pulau Stewart, serta populasi kecil di dekat Haast, New Zealand. Jumlah populasi keseluruhan diperkirakan sebanyak 27.000 ekor pada tahun 1996.  Tokoeka memiliki populasi yang stabil di Pulau Stewart.tokoeka spread

Jangkauan habitat Tokoeka dari pantai hingga hutan di pulau Stewart, semak-semak dan padang rumput di Fiorland. Pada umumnya penurunan populasi alamiah terjadi akibat predator.

* Dicopy-paste dari tugas Biogeografi yang cuma dapet nilai B

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s