panggilan arab

” umiiii abi ga mau beliiin mainan robot-robotan” ujar anak kecil yang udah desperate minta robot transformer yang sekarang sedang naik daun kepada umi nya.

Itu mungkin sepenggal dialog sebuah keluarga yang sempat saya perhatikan ketika sedang jalan-jalan di sebuah pusat pertokoan. Ada yang aneh?? mungkin sekilas tidak ada yang aneh dengan dialog tersebut, tapi saya koq merasa janggal dengan julukan Abi untuk ayah dan Umi untuk ibu. Saya koq jadi merasa seperti tidak hidup di Indonesia, tapi seperti hidup di negara Arab. Panggilan Abi, Umi, Akhwan, Ikhwat, Antum, Ane dan sebagainya sudah mulai berkembang dan membudaya.

Pertama kali saya kenal istilah-istilah tersebut ketika saya masuk ke Rohis di SMU. Terus ketika kuliah beberapa teman yang aktif dalam organisasi kemahasiswaan terutama yang basic-nya rohis juga mengadopsi istilah-istilah tersebut dalam bersosialisasi.

Apakah wajib bagi kita kaum muslim untuk menggunakan istilah-istilah tersebut?

Apakah akan terlihat seperti sebuah keluarga muslim yang harmonis mawadah warohmah bila kita memanggil ayah dengan sebutan abi dan ibu dengan sebutan umi?

Apakah itu sebuah ibadah memanggil kawan-kawan dengan sebutan akhwat dan ikhwan?

Apakah kita akan seperti orang yang suci ketika menyebut anda dengan antum dan saya dengan ane?

apa yang salah dengan panggilan ayah, ibu, bapak, emak,sebeh, enyak, babe, uda, uni, saya, kamu, mereka, dia dsb?

Kita hidup di Indonesia, kita punya budaya sendiri, punya bahasa sendiri. Meskipun Islam sudah menjadi agama mayoritas di Indonesia, Tetapi kita musti ingat bahwa itu hanya agama, bukan berarti dengan itu kita melupakan adat-istiadat kita. Jangan sampai kita lupa kultur asli Indonesia yang sudah berabad-abad mendarah daging bahkan sebelum Islam tersebar ke tanah air ini.

Kita musti ingat bahwa itu adalah kultur Arab, bukan kultur Indonesia.

Leave a Reply

